Sertifikasi Keahlian di Bidang TI untuk Kategori Database (Skala Nasional dan Internasional)

Sertifikasi sangat dibutuhkan karena akan menunjang dalam pekerjaan. Dan untuk mendapat pekerjaan lebih mudah dibanding dengan orang yang tidak memiliki sertifikasi. Tujuan dari sertifikasi adalah menghasilkan SDM, khususnya di bidang IT yang berkualitas, mempunyai standar dan mutu yang tinggi serta pengembangan profesional yang berkesinambungan.

Keuntungan jika memiliki sertifikasi :

  • Bagi IT Profesional

Dapat membuktikan kompetensi dan kredibilitas dan prestasi seseorang dapat dilihat dari training atau sertifikasi untuk peningkatan karier.

  • Bagi Pengguna

Sertifikasi membuktikan kompeten dalam bekerja dan juga bisa meningkatkan kepercayaan diri. Dapat mengukur tingkat pencapaian kompetensi di lembaga formal dan mandiri.

  • Bagi pemberi kerja

Bagi pemberi kerja sertifikasi sebagai alat untuk mengukur HR development(Standards for recruitment dan advancement), memudahkan untuk menempatkan SDM.

Sertifikasi untuk Database

  1. Contoh Sertifikasi Nasional

Terdapat dua sertifikasi yang dikeluarkan oleh LSP Telematika yaitu

  • Certificate of Competence

Sertifikasi yang berdasarkan level kualifikasi dan jenjang jabatan sesuai yang ditetapkan oleh Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Sertifikasi kompetensi merupakan bukti pengakuan atas seseorang setelah melakukan uji kompetensi dari suatu bidang ahli di pekerjaan.

  • Certificate of Attainment

Certificate of Attainment Merupakan sertifikasi unit kompetensi yang jabatannya berdasarkan kebutuhan pasar.

  1. Contoh Sertifikasi Internasional

Sertifikasi Internasional untuk Database yaitu Oracle dan Microsoft SQL Server.

  • Oracle

Sertifikasi Oracle adalah kualitas yang paling dicari oleh pasar TI. Oracle Certified DBA merupakan sertifikasi yang menguji penguasaan teknologi dan solusi Oracle dalam menjalankan peran sebagai administrator database. Dalam jalur sertifikasi Oracle Certified DBA terdapat tiga sertifikasi berikut :

a. Oracle Certified DBA Associate

Untuk  ujian oracle Certified DBA Associate yang dilakukan untuk mengambil sertifikasi  yaitu dasar-dasar SQL dan dasar-dasar administrasi database. Dengan sertifikasi ini seseorang dianggap mempunyai pengetahuan dasar untuk mereka yang bekerja sebagai anggota junior di sebuah tim yang terdiri dari administrator database atau pengembang aplikasi. Sertifikasi ini tersedia untuk Oracle9i dan Oracle 10g.

b. Oracle Certified DBA Professional

Untuk ujian yang akan dilakukan  meliputi teknik-teknik lanjut dari administrasi database dan  melakukan performance tuning. Sertifikasi ini untuk meningkatkan penguasaan Oracle dalam administrasi database. Di sini juga terdapat ujian tambahan untuk spesialisasi manajemen database Oracle untuk Sistem operasi Linux.

c. Oracle Certified DBA Master

Untuk jalur sertifikasi DBA merupakan  jenjang  yang  tertinggi. Seorang OCM merupakan seorang DBA profesional yang telah teruji dalam menangani aplikasi dan sistem database yang mempunyai karakter mission critical. Berbeda dengan ujian pada jenjang OCA dan OCM yang merupakan ujian teori, ujian OCM kandidat akan diminta untuk memberikan solusi terhadap bermacam-macam skenario permasalahan meliputi konfigurasi database, konfigurasi jaringan database, konfigurasi dan penggunaan oracle enterprise manager. Dan hal kritis seperti manajemen kinerja dan database recovery.

Dan untuk  jalur sertifikasi  DBA  tersedia ujian untuk mengupgrade sertifikasi Oracle versi terdahulu untuk mendapatkan sertifikasi Oracle terbaru saat ini.

  • Oracle Certified Developer.

Untuk sertifikasi Oracle Certified Developer ditujukan untuk mereka yang ingin mendapatkan pengakuan akan penguasaan pengetahuan dan keterampilan penggunaan teknologi Oracle Yaitu PL/SQL dan Oracle Form dalam mengembangkan bermacam-macam aplikasi dan solusi. Pada jalur sertifikasi Developer terdapat tiga jenjang sertifikasi sebagai berikut :

a. Oracle9i PL/SQl Developer Certified Associate

Untuk Sertifikasi ini memiliki pengetahuan dasar  yang memungkinkan sebagai pengembang aplikasi Oracle9i. Untuk sertifikasi ini seseorang harus mengikuti dua ujian yaitu dasar-dasar SQL dan PL/SQL serta teknik pemrograman dengan menggunakan PL/SQL.

b. Oracle9iForms Developer Certified Professional,

Jika seseorang ingin memiliki sertifikasi ini, seseorang  harus sudah memiliki sertifikasi jenjang OCA. Jika ingin mendapatkan sertifikasi OCP harus mengikuti satu ujian yang meliputi materi pengembangan aplikasi Internet menggunakan Oracle9iForms.

Selain kedua jenjang tersebut pemegang sertifikasi Oracle versi terdahulu dapat mengikuti ujian upgrade untuk mendapatkan sertifikasi Oracle versi terbaru.

c. Oracle9iAS Web Administrator.

Oracle membuka sebuah jalur sertifikasi bagi mereka yang menginginkan pengetahuan dan keterampilan sebagai Web Administrator untuk Oracle9i Application Server. Jalur sertifikasi ini menyediakan jenjang Oracle9iAS Web Administrator Certified Associate. Untuk memiliki sertifikasi ini kandidat harus mengikuti satu ujian yang meliputi materi administrasi dasar Oracle9i Application Server.

  • Microsoft

Di Microsoft menawarkan satu jenis sertifikasi untuk penguasaan teknologi produk database andalannya, Microsoft SQl Server. Microsoft Certified DBA adalah sertifikasi yang diberikan sebagai pengakuan kemampuan merancang, mengimplementasi, dan melakukan administrasi database Microsoft SQl Server. Untuk mendapatkan sertifikasi MCDBA setiap kandidat harus lulus tiga ujian inti dan satu ujian pilihan. Ujian inti ini terdiri dari satu ujian untuk materi administrasi SQL Server, satu ujian perancangan database SQL Server, dan satu ujian Windows 2000 Sever atau Windows Server 2003. Sebagai tambahan ujian inti, kandidat harus lulus satu ujian pilihan dalam salah satu bidang keahlian produk Microsoft.

Untuk mendapatkan sertifikat database internasional tidaklah mudah, tetapi kalau sudah mendapatkan salah satu sertifikat database internasional, peluang untuk kerja dibagian database sangat mudah.

Refrensi :

http://winarnotugas.blogspot.com/2014/05/sertifikasi-keahlian-dibidang-it.html

http://putrihesa.blogspot.com/2014/04/contoh-sertifikasi-keahlian-dalam.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s