TUGAS PENGANTAR TELEMATIKA

UNIVERSITAS GUNADARMA

KELOMPOK 7

 

TUGAS PENGANTAR TELEMATIKA

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PADA RM. AYAM KENYANG

logo_gunadarma1

          NAMA                                                                NPM

  1. Muhammad Yusuf Safriyanto               11111022
  2. Didi Kurnia Rumapea                             19111166
  3. Choirul Amal                                             12111017
  4. Arimansyah                                               11111762
  5. Fathan Farashy                                        18111834

Kelas          : 4KA06

 

 

FAKULTAS ILMU KOMPUTER & TEKNOLOGI INFORMASI

UNIVERSITAS GUNADARMA

PTA 2014/2015

 

KATA PENGANTAR

 

Puji dan Syukur kita panjatkan kepada Allah Subhanahuwataala. Salawat dan salam kita kirimkan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad Sallallahu-alaihiwasallam, karena atas hidayah-Nyalah paper ini dapat diselesaikan. Paper ini penulis sampaikan kepada pembina mata kuliah Pengantar Telematika Bapak Budi Setiawan sebagai salah satu syarat kelulusan mata kuliah tersebut. Tidak lupa Penulis ucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu yang telah berjasa mencurahkan ilmu kepada penulis
Penulis memohon kepada Bapak/Ibu dosen khususnya, umumnya para pembaca apabila menemukan kesalahan atau kekurangan dalam karya tulis ini, baik dari segi bahasanya maupun isinya, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun kepada semua pembaca demi lebih baiknya karya-karya tulis yang akan datang.

 

 

 

 

 

 

Depok, 20 Ocrober2014

                                                                                                                                                                                                                                    Penulis

 

  

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1 Latar Belakang

Pada RM. Ayam Kenyang ini adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang kuliner. Perusahaan tersebut mendapat permasalahan yang sering timbul diakibatkan proses pemesanan makanan yang masih menggunakan catatan pada sebuah kertas atau masih manual. Yang menjadi kelemahan adalah perusahaan kesulitan dalam menyampaikan informasi kepada divisi dapur tentang produk-produk yang dipesan dan total harganya. Selain itu pesanan yang dilakukan di dalam restoran juga kurang optimal, dikarenakan pegawai sering kebingungan dalam mengurutkan pesanan yang dipesan sesuai waktu pemesanan.

Sesuai dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman, disini penulis dan yang lainnya menginginkan agar dapat membuat sebuah aplikasi smartphonedankomputersalingterkonesisecara online (hanyalingkungansekitar) untuk mengurangipermasalah yang timbuldanmengoptimalkankinerjapada RM. AyamKenyang agar dapatmeminimalisirkekeliruan yang terjadi.

1.2 Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan dari paper ini adalah untuk menunjang tugas dari mata kuliah Pengantar Telematika dan meminimalisirpermasalahan yang timbulpada RM. AyamKenyang.

1.3 Metode Penulisan

Metode yang digunakan dalam pembuatan jurnal ini adalah dengan literature. Yaitu mencari informasi RM. AyamKenyang.

 

 

 

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

2.1       RumahMakan

Rumah makan adalah istilah umum untuk menyebut usaha gastronomi yang menyajikan hidangan kepada masyarakat dan menyediakan tempat untuk menikmati hidangan tersebut serta menetapkan tarif tertentu untuk makanan dan pelayanannya. Meski pada umumnya rumah makan menyajikan makanan di tempat, tetapi ada juga beberapa yang menyediakan layanan take-out dining dan delivery service sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada konsumennya. Rumah makan biasanya memiliki spesialisasi dalam jenis makanan yang dihidangkannya. Sebagai contoh yaitu rumah makan chinese food, rumah makan Padang, rumah makan cepat saji (fast food restaurant) dan sebagainya.

2.2       Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Sekarangkomputerbukanhal yang spesiallagi, karenadapat di jumpai di setiapinstansi – instansi yang terkaitdenganpengolahan data seperti restaurant, kantorpos, mini market dan lain-lain

2.3       Smartphone

            Telepon cerdas(smartphone) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti telepon cerdas. Bagi beberapa orang, telepon pintar merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, telepon cerdas hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat papan ketik (baik sebagaimana jadi maupun dihubung keluar) dan penyambung VGA. Dengan kata lain, telepon cerdas merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon.

 

BAB III

ANALISA DAN DESAIN SISTEM

 

3.1       Desain Sistem

Sebagai upaya untuk memperjelas cara kerja sistem yang akan dibuat, maka perlu disajikan diagram perencanaan sistem umum dan khusus.

 

  1. Use Case Diagram Pemesanan Menu yang sudah terorgansir

oooo

DAFTAR PUSTAKA

[1] URL http://id.wikipedia.org/wiki/Rumah_makan Diakses 19 – 10 – 2014

[2] URL http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer Diakses 18 – 10 – 2014

[3] URL http://id.wikipedia.org/wiki/Telepon_Cerdas diakses 18 – 10 – 2014

 

Alamat blog anggota kelompok kami Pak

Fathan Farashy                                    : imfathnn.blogspot.com

Choirul Amal                                         : iroelshareblog.blogspot.com

Arimansyah                                           : arimansyah68.wordpress.com

Muhammad Yusuf Safriyanto           : bogalakonz.blogspot.com

Didi Kurnia Rumapea                         : didirumapea.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s