TUGAS PENGANTAR TELEMATIKA

PROPOSAL PENGEMBANGAN SISTEM  INFORMASI PADA SEBUAH RUMAH MAKAN AYAM KENYANG

Kelompok 4

Nama

 Npm

Muhammad Yusuf Safriyanto

19111405

Didi Kurnia Rumapea

19111166

Arimansyah

18111426

Choirul Amal

19111238

Fathan Farashy

16111093

 

 

  1. LATAR BELAKANG

Perkembangan dunia informasi dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan dan perkembangan. Hal tersebut didukung dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju dan memadai. Sehingga informasi dapat diakses secara cepat, tepat, serta akurat. Selain berdasarkan pada hal tersebut, penyajian suatu informasi juga perlu mendapatkan perhatian serius untuk mempermudah suatu kinerja di dalam sebuah rumah makan.

Pada RM. Ayam Kenyang ini adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang kuliner. Perusahaan tersebut mendapat permasalahan yang sering timbul diakibatkan proses pemesanan makanan yang masih menggunakan catatan pada sebuah kertas atau masih manual. Yang menjadi kelemahan adalah perusahaan kesulitan dalam menyampaikan informasi kepada divisi dapur tentang produk-produk yang dipesan dan total harganya. Selain itu pesanan yang dilakukan di dalam restoran juga kurang optimal, dikarenakan pegawai sering kebingungan dalam mengurutkan pesanan yang dipesan sesuai waktu pemesanan.

Bedasarkan permasalahan ini dengan menganalisa gejala-gejala tersebut, kami dapat menarik kesimpulan mengenai suatu peluang pengembangan sistem informasi rumah makan dengan membuat program sebagai media pemesanan RM. Ayam Kenyang. program ini bukan hanya dapat mengantarkan informasi suatu pesanan langsung ke dapur tetapi program ini juga dapat menginformasikan meja mana yang memesan lebih dahulu dan memberikan total harga suatu pesanan, maka kami memberikan solusi dengan membuat sebuah program secara offline pada RM. Ayam Kenyang. Program tersebut diharapkan dapat membantu dan meningkatkan penyampaian informasi, serta memudahkan pegawai kami dalam bekerja yang tentu saja akan memberikan waktu yang singkat untuk pelanggan dalam mendapatkan pesanannya.

Untuk lebih meningkatkan angka penjualan produksi, dan meningkatkan keuangan pada RM. Ayam Kenyang bijaknya jika dijaman teknologi ini dilakukan penggunaan aplikasi sistem informasi pemesanan. Agar tujuan dan hasil yg diraih RM. Ayam Kenyang dapat lebih memuaskan dengan pengembangan aplikasi sistem informasi pemesanan.

 

  1. BATASAN MASALAH

Aplikasi ini dibuat untuk memberikan informasi urutan pesanan, pemesanan produk, mempermudah menyampaikan pesanan ke divisi dapur dan memberikan total harga dari pesanan pelanggan. Aplikasi ini dapat digunakan melalui komputer dengan menggunakan OS Windows XP, Windows 7 dan Windows 8.

 

III.       KEUNTUNGAN PENGEMBANGAN SISTEM

Manfaat dari pengembangan sistem ini adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pelayanan kepada pelanggan RM. Ayam Lepas
  2. Memudahkan pegawai dalam proses pemesanan produk atau order
  3. Meningkatkan laba keuangan pada RM. Ayam Kenyang

 

  1. METODOLOGI

Metodologi merupakan elemen yang paling mendasar dari suatu proses bisnis. Berikut ini adalah suatu metodologi untuk merealisasikan proyek Aplikasi Sistem Informasi Percetakan Berbasis Web, akan ditempuh dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Analisis Kebutuhan

Mempelajari proses-proses dan indentifikasi data-data yang dibutuhkan, dalam perancangan suatu aplikasi informasi percetakaan berbasis web. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan dalam hal ini untuk meningkatkan pelayanan efesiensi dan keputusan.

  1. Desain Fungsi

Melakukan desain sistem secara detail, mulai dari Context DiagramData Flow Diagram (DFD), desain file, desain tabel, relasi tabel dan sebagainya sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.

  1. Pemograman

Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Lama Pengerjaan dan Jumlah baris coding ini turut menentukan besar-kecilnya harga Aplikasi yang dibuat.

  1. Pengujjian

Melakukan beberapa testing dengan uji prilaku (behavior testing), focus terhadap input dan output, dan testing terhadap fungsionalitas sistem.

  1. Instalasi

Mengganti dan menempatkan sistem atau menempatkan sistem yang baru terhadap aplikasi yang dibuat, jika hasil dari suatu proses pengujian sudah sesuai dengan fungsinya.

  1. Pelatihan

Sebelum aplikasi program dijalankan atau kunjungi oleh user, pihak developer proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih costumer atau eksekutif dari CV Maju Jaya Sablon yang hendak mengoperasikan program aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak menyulitkan para pengguna aplikasi selanjutnya.

  1. Pemeliharaan

Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga tenggang waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.

  1. Dokumentasi

Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen. Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai referensi untuk bug bila terjadi kendala, sebagai pedoman operasional dan sebagainya.

 

  1. WAKTU PENGERJAAN SISTEM

JOJOJO 

  1. SUMBER DAYA MANUSIA

Untuk melaksanakan proyek perangkat lunak “Sistem Penjualan Motor” disiapkan SDM 5 orang dengan peran rangkap seperti dalam tabel di bawah ini.

No Nama Peran
1 Didi Kurnia Analisis Sistem
2 Fathan Farashy Koordinator tim
6 Arimansyah Pemeliharaan, dokumentasi
4 Choirul Amal SDM studi kelayakan, Desain Fungsi, Training
5 Muhammad Yusuf Programmer, Testing

 

VII.     GAMBARAN SISTEM

            Pada system RM. Ayam Kenyang awalnya menggunakan pemesanan secara manual menggunakan sebuah catatan pesanan dengan alat tulis yang dicatat oleh pelayan. Namun saat ini RM. Ayam Kenyang akan mengembangkan systemnya dengan teknologi gadget/tablet yaitu pelayan akan memasukkan daftar pesenan yang diminta pembeli kedalam tablet tersebut yang berisikan daftar makanan dan harga. Lalu pelayan akan menyebutkan kembali daftar pesenanan yang dipesan oleh pembeli. Setelah itu, pelayan menkonfirmasi pesanan tersebut pada kasir, dan kasir membuat printout pesanan ke bagian  dapur untuk pembuatan makanan. Printout diberikan sesuai dengan urutan pesenan pemesan. Selanjutnya, bagian dapur memberi pesanan pada pelayan untuk diberikan kepada pemesan.

 

VIII.    RANCANGAN BIAYA

  1. Biaya Persiapan
No Rincian Jumlah Biaya
1 PC 1 Rp.   5.500.000
2 Tablet Samsung 5 x @Rp. 2.200.000 Rp. 11.000.000
3 Printer Kasir 1 Rp.   2.500.000
4 Lisensi Software 1 Rp.   3.000.000
Jumlah Rp. 22.000.000

 

  1. Biaya Pengerjaan
No. Perincian Biaya
1 Analisis kebutuhan Rp.      400.000
2 Desain Fungsi Rp.     500.000
3 Pemograman Rp.   2.000.000
Pengujian Rp.      300.000
5 Instalasi Rp.      350.000
6 Pelatihan Rp .     250.000
7 Pemeliharaan Rp.      500.000
8 Dokumentasi Rp.      350.000
9 Transportasi Rp.      200.000
  Jumlah Rp. 4.850.000

 

  1. Biaya Keseluruhan

            Biaya Keseluruhan = Biaya Persiapan + Biaya Pengerjaan

= Rp 22.000.000 + Rp 4.850.000

= Rp 26.850.000

 

  1. PENUTUP

Demikian proposal penawaran ini kami sampaikan untuk menjadi bahan pertimbangan dalam upaya untuk mengembakan aplikasi sistem informasi pada RM. Ayam Kenyang secara efektif dan efisien. Kami sangat mengharapkan paket layanan yang kami tawarkan ini bisa bermanfaat secara optimal sesuai dengan harapan bersama.

 

Alamat blog anggota kelompok kami Pak

Fathan Farashy                                    : imfathnn.blogspot.com

Choirul Amal                                        : iroelshareblog.blogspot.com

Arimansyah                                          : arimansyah68.wordpress.com

Muhammad Yusuf Safriyanto          : bogalakonz.blogspot.com

Didi Kurnia Rumapea                        : didirumapea.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s