Efek Buruk zat penyedap Buatan bagi Tubuh

175882_bahaya-msg-bagi-kesehatan_663_382

Masakan hambar tentu kurang nikmat untuk disantap, maka ditambahkanlah beragam bumbu dalam masakan. Bumbu-bumbu yang diberikanlah beragam bumbu dalam masakan. Bumbu-bumbu yang diberikan bisa sangat beragaram dan membuat si pembuat masakan menjadi repot. Masalah tersebut dapat diatasi dengan memberikan zat tambahan untuk penyedap.

Sekilas tidak ada yang salah dengan penambahan zat tersebut, sebab masakan pun menjadi lebih gurih dan tentu lezat. Dibalik lezatnya ternyata manyimpan bahaya yang kurang disadari.

Bahaya tersebut yang paling dikenal salah satunya adalah “Chinese Restaurant Syndrome”, yang ditandai dengan 20-30 menit setelah makan makanan yang dibubuhi MSG yang berlebihan, maka akan timbul rasa mual, haus, pegal-pegal pada tengkuk, sakit dada, dan sesak napas. Selain penyakit tersebut juga kemungkinan kanker. Salah satu zat aditif untuk penyedap adalah :

MSG (Mnonosodium Glutamate)

Zat ini adalah penyedap yang paling banyak dipergunakan di dunia sebab harganya yang murah. Semuah makanan gurih tentu menggunakan MSG, termasuk juga produk seperti kecap, saus, dan sambal. Label makanan alami juga tidak terhindar dari penggunaan MSG. meski telah dinyatakan  aman oleh badan kesehatan dunia, ternyata MSG yang penggunaannya secara berlebihan dapat memicu terjadinya kanker.

Menghentikan penggunaan MSG dan digantikan dengan rempah-rempah alami akan melambatkan bahkan resiko kanker.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s