Efek Buruk Zat pengawet Bagi Tubuh

formalin

Sebagian besar makanan dan minuman yang dijual disupermarket atau  took saat ini sudah dapat dipastikan menggunakan pengawet. Pengawet yang dipergunakan tentunya bukan pengawet alami sebab resiko rusaknya lebih cepat. Pengawet sentesis lebih murah biaya produksinya dan dijamin manjur, membuat makanan dan minuman tahan lama berbulan-bulan. Beberapa jenis pengawet sintesis yang umum dipergunakan dan berbahaya adalah :

 

  1. Asam borax

Bahan pengawet ini dikenal pula dengan nama boraks, gendar, obat puli atau bleng. Dapat dihasilkan secara alami atau sintetis. Fungsi sebenarnya adalah untuk bahan antiseptic lantai da las, tetapi banyak dipergunakan untuk pengawet makanan. Boraks dapat mengawetkan dan membuat makanan menjadi lebih kenyal, sehingga banyak dipergunakan pada bakso, empek-empek atau mie. Borak dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.

  1. Asam salisilat

Asam salisilat dahulu sering digunakan sebagai pengawet teh botoh, namun sekarang sudah jarang dipergunakan untuk makanan dan minuman. Penggunananya masih untuk alat kosmetik seperti samun dan salep, sebab dipercaya dapat mengelupaskan kulit mati serta mengobati jerawat. Keracunan asam silisilat akan berakibat sakit kepala parah.

 

  1. Kloramfenikol

Bahan pengawet ini banyak dipergunakan untuk pengawet udang segar. Merupakan salah bahan antibiotik, yang penggunaannya harus dibatasi. Penggunaan yang berlebih akan menimbulkan resistensi pada pengobatan.

 

  1. Formalin

Memiliki nama lain formaldehyde dan sempat membuat ramai media massa beberapa waaktu yang lalu. Formalin banyak disalahgunakan untuk mengawetkan mayat. Bahaya penggunaan formalin untuk pengawet masakan adalah dapat manjadi bahan karsinogenik.

Selain bahan-bahan sintesis, yang jelas berbahaya apabila dipergunakan dalam makanan, bahan alami juga memiliki kadar bahaya tersendiri. Bahkan alami yang berbahaya tersebut terjadi karena kesalahan yang dilakukan penggunaanya terutama cara pengolahan, penyimpanan, dan konsumsi yang berlebihan.

Berikut disajikan beberapa jenis makanan berbahaya dari bahan alami seperti sayuran, buah-buahan, daging, telur, dan hasil laut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s