Bahaya Sayur-Sayuran

Sayur-mayur merupakan makanan yang sangat menyehatkan bagi tubuh karena memiliki kandungan gizi yang lengkap, mulai karbonhidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan kaya akan serat yang semuanya itu sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Sayuran yang tinggi serat dibutuhkan oleh tubuh, karena membantu memperlancar metabolism tubuh dan membentuk jaringan, serta membantu memperkuat berbagai fungsi organ.

Sayuran selain memiliki fungsi yang kompleks bagi tubuh, ternyata tanpa kita sadari sayuran juga memiliki kandungan yang berbahaya bagi tubuh dan mengandung toksin atau racun.

Berikut dipaparkan beberapa macam sayuran dan bahayanya bagi kesehatan tubuh pengonsumsinya, diantaranya adalah :

1. Bayam

tanaman bayam

Bayam tidak boleh dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama setelah dimasak. Sayur bayam juga tidak boleh dimakan apabila sudah dipanaskan berulang-ulang.mengapa demikian ?

Sebab sayur bayam menimbulkan efek yang berbahaya bagi tubuh. Bahaya sayur bayam akan terjadi karena peristiwa oksidasi yang terjadi antara udara dan bayam.

Seperti kita ketahui bahwa sayur bayam merupakan sumber zat besi paling tinggi untuk tubuh, namun ketika bayam banyak beraksi dengan udara, maka zat besi tersebut akan berubah menjadi senyawa ferro, maka zat ferro ini bersifat racun (oksidan) bagi tubuh.

Selain itu, bayam juga mengandung senyawa nitrat (NO3) yang akan mengalami proses oksidasi akan berubah menjadi nitrit (NO2) yang juga bersifat racun. Oleh karena itu, tidak ada batasan waktu yang pasti berapa lama waktu yang aman untuk menyantap sayur bayam. Hanya saja, tanda sayur ini tak layak dikonsumsi lagi adalah saat sayur yang tadinya berwarna hijau sudah berubah menjadi hitam.

Bayam akan berubah warna kurang lebih 4-5 jam setelah dimasak apabila kita konsumsi memang tidak akan terjadi reaksi, akan tetapi butuh waktu kemudian, diawali dengan mual,pusing, badan lemas, dan muntuah-muntah.

Salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan konsumsi bayam yang tidak benar, yaitu penyakit sianosis, ketidakmampuana hemoglobin untuk mengikat oksigen, sehingga seluruh jaringan tubuh akan terasa lemas karena kekurangan oksigen.

2. Seledri

seledri-500x500

Seledri merupakan sayuran yang banyak ditemukan pada sup, bubur, dan soto. Terlalu banyak konsumsi seledri atau mengonsumsi seledri yang tidak segar mangakibatkan bahaya bagi kesehatan.

Diantara bahaya konsumsi seledri adalah penyakit darah rendah. Hal ini terjadi jika banyak mangonsumsi seledri. Selain itu daun seledri dapat  pula mengakibatkan bahaya seperti inflamasi pada kulit, sehingga menimbulkan efek sensitivitas pada matahari.

Orang yang menderita gangguan ginjal dilarang keras mangonsumsi seledri karena mengakibatkan radang pada system nervous. Seledri juga dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil, karena berefek pada pertumbuhan dan menimbulkan kontraksi pada Rahim.

3. Brokoli

download

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran berserat dan memiliki kandungan gizi yang baik, serta memiliki banyak mamfaat diantaranya antikanker. Namun selain bermamfaat, ternyata brokoli menyimpan bahaya bagi kesehatan tubuh pengonsumsi.

Banyak mengonsumsi brokoli menyebabkan seseorang mangalami penyakit asam urat.hal ini karena brokoli memiliki kandungan purin, yang menyebabkan kenaikan kadar asam urat dalam darah. Dalam darah purin akan berubah menjadi asam urat.

4. Kubis

download (1)

Kubis banyak dikonsumsi manusia berupa daun sebagai sayuran. Selain memiliki mamfaat serta kandungan gizi, ternyata kubis memiliki enzim myrosinase yang menyebabkan turunnya sarapan iodium ke kelenjar riroid bahkan membuat hipotiroid atau kekurangan tiroid, yang tentunya berpotensi mengancam hidum sehingga mengakibatkan koma.

Adapun ciri penyakitnya adalah seseorang mudah lelah, masalah pernapanasan, rambut rapuh dan menipis, kulit kering, serta detak jantung lambat. Bila terjadi gejala seperti ini, maka sebaiknya hentikan konsumsi kubis sebab dapat mengakibatkan kematian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s