Bahaya Buah-Buahan

Buah buahan merupakan makanan yang sangat menyehatkan bagi tubuh karena memiliki kandungan gizi yang lengkap, mulai karbonhidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan kaya akan serat yang semuanya itu sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Buah buahan yang tinggi serat dibutuhkan oleh tubuh, karena membantu mempelancar metabolism tubuh dan membentuk jaringan, serta membantu memperkuat berbagai fungsi organ.

Buah buahan selain memiliki fungsi yang kompleks bagi tubuh, ternyata tanpa kita sadari sayuran juga memiliki kandungan yang berbahaya bagi tubuh dan mengandung toksin atau racun.

Berikut dipaparkan beberapa jenis buah buahan yang memiliki kandungan berbahaya bagi kesehatan tubuh pengonsumsinya, diantaranya yaitu :

1. Nanas

download (2)

Nanas merupakan salah satu tanaman buah buahan yang banyak mengandung kadar vitamin C tinggi. Selain memiliki manfaat, tanaman nanas ternyata juga menimbulkan efek samping yang tentunya berbahaya bagi kesehatan tubuh pengonsumsinya.

Nanas yang dikonsumsi masih dalam keadaan mentah atau masih hijau dapat menyebabkan mual dan keracunan.

Nanas dapat memicu terjadinya reumatik. Hal ini karena nanas terfermentasi pada system saluran pencernaan, dan menghasilkan alcohol, sehingga dapat memicu terjadinya rematik gout.

            Nanas juga dapat meningkatkan kadar gula darah yang sangat tinggi, sehingga memicu terjangkitnya penyakit diabitus, militus. Menimbulkan rasa gatal dan bentuk alergi.

Banyaknya getah pada nanas menyebabkan konsumen dapat terjangkit batuk alergi, namun bias diatasi dengan merendam dahulu nanas pada air garam sebelum dikonsumsi.

Pada ibu hamil dilarang keras mengonsumsi buah nanas, karena dapat menimbulkan keguguran terutama nanas muda.

2. Apel

download (3)

Apel merupakan buah yang banyak mengandung vitamin yang tinggi. Namun dibalik itu ternyata buah apel memiliki bahaya bagi kesehatan gigi dan mulut, bila kita mengonsumsinya tidak dengan benar. Hal ini disebabkan buah apel memiliki kandungan asam yang tinggi. Selain memiliki kandungan asam tinggi, buah apel masih terkontaminasi dengan pestisida yang memempel pada kulit buah. Bila zat yang terkandung dalam pestisida ikut kita konsumsi, maka tidak mustahil pengonsumsi akan menderita penyakit kanker, kerusakan system saraf, leukemia, tumor, dan menyebabkan kemunduran IQ pada anak-anak.

 

3. Mentimun

download (6)

Banyak kalangan manusia berfikir bahwa mentimun selain menyegarkan tubuh dan menghaluskan kulit bahkan beranggapan mentimun mampu menurunkan darah tinggi adalah salah besar, sebab mentimun ternyata merupakan gudang penyakit. Diantara beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh mentimun adalah anemia hemolitik dan trombositopenia serta gagal ginjal.

Mentimun juga berbahaya bagi tubuh setelah 4 jam dikonsumsi, yaitu menyebabkan terjadinya penggumpalan darah pada nadi dan berpotensi menimbulkan stroke. Bagi wanita, buah mentimun memiliki efek berbahaya yaitu menimbulkan kista kanker Rahim bila dikonsumsi pada waktu haid ,(mensruasi), hal ini karena darah haid tersisa pada dinding Rahim.

4. Semangka

download (4)

Buah semangka sangat terkenal memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga baik untuk mengatasi dehidrasi. Akan tetapi, kandungan gula di dalam buah itu cukup tinggi, sehingga sangat tidak disarankan bagi mereka yang memiliki diabetes atau memiliki riwayat keluarga penderita diabetes untuk mengonsumsi buah ini.

Bila terlalu banyak mengonsumsi buah semangka, maka akan menimbulkan bahaya pusing terutama penderita darah rendah. Selain itu apabila semangka dikonsumsi dengan cara dijus dalam keadaan mentah dan dilakukan setiap hari dan berlebihan, maka akan menimbulkan bahaya sakit kepala. Hal ini terjadi karena senyawa karoteois yang terdapat dalam buah semangka akan menempel pada sel lemak pada otak.

Buah semangka juga tidak aman dikonsumsi oleh penderita batuk, sebab akan membuat tenggorokan menjadi kering  dan serak berkepanjangan.

5. Belimbing

download (5)

Belimbing merupakan buah buahan yang kaya vitamin. Terlalu banyak konsumsi buah berbentuk bintang ini akan menimbulkan efek depresi pada  system saraf pusat. Selain itu, belimbing juga tidak aman dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal.

Bila banyak mengonsumsi buah belimbing ini akan menimbulkan keracunan dengan tanda-tanda muntah, perut mual, sulit tidur, dan gangguan kesadaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s