Bahaya Makanan Pedas

pedas

 

Sebagai salah satu citra rasa makanan, rasa pedas telah menjadi ciri khas bahkan telah menjadi menu wajib yang dikomsumsi manusia. Sedangkan untuk rasa pedas yang ditimbulkan oleh cabai, hal itu disebabkan oleh konsentrasi tinggi dari bahan aktif yang disebut capsaicin

Sungguh tidak bias disangkal lagi bila Anda merupakan salah seorang yang gemar mengonsumsi berbagai macam makanan pedas. Ternyata makanan yang berasa pedas itu sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Berikut ini disajikan fakta bahaya mengonsumsi makanan pedas, di antaranya sebagai berikut :

 

  1. Makanan pedas dapat mengakibatkan rusaknya dinding lambung. Hal ini disebabkan jenis makanan pedas terlalu banyak asam masuk keperut, maka terjadi kerusakan pada dinding lambung Anda.
  2. Makanan pedas dapat mangkibatkan penyakit gastritis atau mag akut. Diantara gejala penyakit gastritis seperti muntah,mual-mual,maupun diare.
  3. Makanan pedas dapat menimbulkan penyakit ulkus gaster atau tukak lambung. Gejala penyakit ini akan tampak yaitu perut terasa terbakar, gejala mual-mual, maupun muntah-muntah.
  4. Makanan pedas dapat mengakibatkan Anda terkena insomnia atau susah tidur pada malam hari. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan pedas pada malam hari. Hal itu akan menyebabkan istirahat Anda pada malam hari menjadi tidak nyaman.
  5. Makanan pedas mengakibatkan kehilangan nafsu makan. Dengan demikian, mari upayakan untuk mengurangi makanan yang terasa pedas untuk kesehatan tubuh Anda.
  6. Makanan pedas mangakibatkan berat badan Anda semakin manurun. Jadi kurangi atau hilangkan kebiasaan mangonsumsi makanan yang pedas jika Anda ingin badan Anda tidak kurus lagi.
  7. Terlalu banyak mangonsumsi berbagai makanan pedas akan dapat menimbulkan iritasi dan mambentuk pola aneh dari lidah. Dampak paling buruk akibat seringnya mangonsumsi pedas adalah lidah tidak lagi berfungsi sempurna sebagai alat indra, dimana lidah akan menjadi kurang bias mengenali rasa dari makanan atau minuman yang dikomsumsinya.
  8. Makanan pedas mengakibatkan Anda terkena serangan sakit kepala atau migran dari dampak penyakit gastritis. Hal ini disebabkan terlalu banyak mangonsumsi makanan pedas tersebut.

Makanan pedas memang dapat meningkatkan selera makan, namun kita juga harus hati-hati dan dapat pula mangontrolnya, agar makanan pedas yang kita konsumsi tidak menimbulkan efek negative. Dengan mengontrol makanan pedas yang kita konsumsi, maka rasa pedas yang manambah selera makan itu akan memberikan dampak positif bagi tubuh kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s