MAKANAN YANG MERUGIKAN PENCERNAAN

Kebanyakan orang meremehkan masalah pencernaan padahal apabila dicermati sistem pencernaan sangat mempengaruhi metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang baik akan membawa pada tubuh yang sehat, berat badan tidak mudah naik dan beragam manfaat positif lainnya. Pencernaan yang buruk pula apabila tidak ditangani dengan baik bisa mengakibatkan wasir hingga risiko kanker usus.

Pada hakikatnya semua makanan bisa dicerna dengan baik oleh tubuh kita. Namun, ada beberapa jenis makanan yang dalam proses mencernanya dapat mempersulit kerja tubuh kita sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan masalah untuk sistem pencernaan.

Beberapa Jenis Makanan yang Merugikan Pencernaan

1. Makanan Pedas

Indonesia di identik dengan masakan yang berbumbu kuat dan beberapa diantaranya merupakan makanan yang bersifat pedas. Orang Indonesia cenderung menyukai rasa pedas hingga makanan berlabel rasa pedas yang ekstrim kini menjadi favorit di masyarakat. Seperti pada umumnya, makan makanan yang terlalu pedas seringkali menimbulkan sakit perut. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan yang teriritasi akibat terpapar minyak atsiri yang terkandung dalam cabai. Oleh sebab itu, boleh memakan makanan pedas asalkan tidak berlebihan dan untuk penderita maag sebaiknya menghindari makanan pedas.

cabe rawit

2. Jagung

Jagung ini sebenarnya tinggi serat yang tentunya baik untuk kesehatan pencernaan. Namun, pada jagung selain serat juga terkandung banyak selulosa yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan kita karena tubuh kita tidak mempunyai enzim yang tepat untuk mencerna selulosa. Oleh karenanya, jika kita mengkonsumsi makanan ini alangkah baiknya jika dikunyah perlahan-lahan agar selulosa yang terkandung dalam jagung menjadi halus dan tidak membebani kerja pencernaan.

jagung3

3. Gorengan Tinggi Lemak

Siapa yang tidak suka gorengan, baik tua maupun muda suka sekali dengan jenis makanan ini. Apalagi dengan tekstur yang renyah dan rasanya yang gurih sangat menggiurkan untuk disantap. Tetapi tunggu dulu, makanan ini ternyata memicu produksi asam lambung berlebihan dan menyebabkan rasa panas di perut. Maka dari itu banyak yang mengkaitkan makanan gorengan dengan panas dalam. Selain itu makanan tinggi lemak ternyata tidak baik untuk pencernaan sehingga orang-orang dengan masalah pencernaan sebaiknya menghindari jenis makanan ini.

gorengan1

4. Produk Susu

Susu sebenarnya minuman menyehatkan karena mengandung kalsium yang baik untuk tulang, dan sudah barang tentu makanan atau produk turunan dari susu juga menyehatkan. Namun, ada beberapa orang yang memiliki masalah pencernaan akibat mengkonsumsi susu. Hal ini dikarenakan pencernaannya tidak dapat menerima laktosa yang terkandung dalam susu ( intoleransi laktosa ). Bagi Anda yang memiliki gangguan atau sering mengalami masalah pencernaan jika mengkonsumsi produk susu sebaiknya lebih selektif dalam mengkonsumsi berbagai produk susu. Konsultasikan lebih lanjut ke dokter mengenai masalah ini.

susu

Sekian dan terima kasih semoga barmamfaat.

Salam blogger…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s