Tips mencegah penyakit jantung

jantung 1

Penyakit jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. fungsi jantung akan terganggu jika terdapat gangguan seperti otot jantung yang lemah, pemaksaan kinerja jantung, adanya celah antara serambi kanan dan serambi kiri.

Tips atau cara mencegah penyakit jantung

  • Pola makan sehat

Pola makan sangat penting karena bagi jantung makanan yang lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi sangat  perlu di hindari. Dan makanan seafood dapat membahayakan jantung karena mengandung kalesterol tinggi. Goreng –gorengan atau makanan yang digoreng yang banyak mengandung lemak itu juga anda harus dikurangi.

Hindari juga dari  kegemukan karena biasanya orang yang gemuk mudah terkena penyakit jantung dan dengan pola makan agar tidak berlebihan, resiko lebih besar terkena penyakit jantung apabila seseorang memiliki lingkar pinggang lebih dari 80 cm. Selain menghindari makanan yang berlemak, anda juga perlu menghindari makanan dengan kadar gula yang tinggi, contohnya minuman seperti softdrink juga perlu anda hindari karena banyak mengandung gula yang tinggi.

jantung 2

  • Olahraga secara teratur

 

Lakukanlah olahraga seperti jalan kaki atau jogging. Jenis olahraga yang tidak bersifat kompetisi dan tidak terlalu  berlebihan dapat menguatkan kinerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

  • Hindari stres yang berlebihan

 

Memang sangat sulit untuk menghindari stres dikota besar contohnya seperti jakarta yang di kenal kemacetan dan kesibukannya.

Akibat dari naiknya tekanan darah dapat disebabkan oleh stres. Hindarilah stres baik di kantor atau dirumah karena kalo menghindari stres sangat baik untuk kesehatan jantung Anda.

  • Berhenti Merokok

 

Untuk kesehatan jantung Anda tetap terjaga hindarilah dari merokok, karena rokok tidak baik untuk kesehatan jantung Anda. Bagi anda yang sudah terbiasa atau kecanduan dengan aktivitas merokok, segeralah untuk berhenti dengan kebiasaan ini agar jantung selalu sehat.

  • Turunkan obesitas

 

Meningkatnya tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan lemak karena disebabkan oleh obesitas atau kelebihan berat badan. Dan diabetes dapat mempercepat penyakit jantung koroner dan meningkatkan resiko serangan jantung.

Itulaha tips cara menghindari atau mencegah penyakit jantung. Ayo sayangi jantung Anda!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s