Resume kelompok 1 PENENTUAN HARGA PENAWARAN DAN PERMINTAAN

logo_gunadarma1

Nama : Arimansyah

NPM    : 11111156

KLS      : 2KA06

 

 

Saya akan membuat resume dari kelompok 1 pembahasan tentang Penentuan Harga Penawaran dan Permintaan. Penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu dan waktu tertentu. Bunyi hukum permintaan adalah bila tingkat harga mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun maka jumlah barang yang ditawarkan turun. Contohnya jika banyak permintaan pada sejumlah barang maka harga tersebut akan melonjak secara dratis karena permintaan pun melonjak begitu pula sebaliknya.

Pengertian Permintaan adalah sejumlah barang yang akan dibeli atau yang diminta pada tingkat harga tertentu dalam waktu tertentu. Dalam permintaan ada hukum yang terjadi. Bunyi hukum tersebut adalah apabila harga naik maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan. Contoh yang bisa kita ambil adalah jika harga beras melambung tinggi maka masyarakat yang tidak mampu membelinya akan menggatinya dengan singkong atau yang lainnya yang harganya relative lebih murah.

Tanggapan saya adalah permintaan dan penawaran pasti akan terjadi. Jika harga barang tersebut tinggi maka permintaan barang tersebut tentunya akan menurun. Tetapi jika tingkat barangnya mengalami kenaikan maka jumlah barang yang ditawarkan juga tentunya akan naik.

Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s