Cara merawat ikan arwana

Salam blogger….

Saya akan membahas tentang bagaimana cara merawat ikan arwana. Ikan arwana adalah ikan termasuk ikan peliharaan harganya lumayan mahal, jadi cara merawat ikan arwana harus anda ketahui. Dan ikan arwana Super Red berasal dari berbagai tempat di  Propinsi Kalimantan Barat.  Sungai Kapuas dan Danau Sentarum merupakan habitat asli dari  ikan arwana Super Red (Chili dan Blood Red).

ikan3

Jadi ikan arwana menjelang dewasa, warna merah akan muncul di berbagai bagian tubuh lainnya, terutama  pada tutup insang dan pinggiran sisik, sehingga tubuh ikan terlihat berwarna merah.  Cara merawat Ikan arwana di habitatnya tentu berbeda dengan bila kita merawatnya di  akuarium. Cara merawat Ikan arwana Setiap Hari di akuarium membutuhkan beberapa hal  yang mesti di sesuaikan dengan habitat aslinya, seperti suhu, konsentrasi oksigen, kualitas air  dan lain lain. berikut Cara merawat Ikan arwana Setiap hari yang bisa kita ikuti.

Yang pertama adalah pemeliharaaan air akuarium ikan arwana :

  1. Cek kebersihan airnya
  2. Ganti air ¼ dengan air baru yang sudah diendapkan dan di aerasi atau pemberian gelembung
  3. Buang kotoran ikan dari akuarium
  4. Bersihkan kaca akuarium sehingga tidak berkerak dan berlumut
  5. Buang sisa pakan ikan yg tidak termakan dari akuarium ikan arwana
  6. Berikan aerasi atau gelembung udara yg cukup pada tempat penampungan air
  7. Periksa secara berkala semua peralatan akuarium apakah masih dapat berfungsi dengan baik  seperti filter, aerator, selang aerasi, power head, heater, lampu akuarium dan lain-lain.
  8. Masukkan air pengganti ke akuarium secara perlahan jangan terlalu deras sebab bisa  menyebabkan ikan stress atau gila.
  9. Bersihkan peralatan akuarium

ikan arwana

Yang kedua adalah Pemberian makanan Ikan arwana :

  1. Memberi makan untuk ikan arwana bisa berupa , ikan kecil, kelabang, cicak, jangkrik, ikan kecil.
  2. Pemberian makannya sebaiknya di kombinasikan, jangan setiap hari jangkrik saja tapi ganti  dengan yang lain sesuai kebutuhan.
  3. Potong kaki jangkrik bagian belakang sebelum dijadikan makanan ke ikan arwana. Begitu juga dengan pakan ikan arwana yang lain selalu buang bagian tubuh yang tajam sebelum diberikan  ke ikan arwana.
  4. Memberi makan ikan arwana jangan berlebih karena bisa mengakibatkan ikan kehilangan  nafsu makan, mogok makan atau stress.
  5. Pemberian pakan arwana sedikit  tetapi  sering sangat dianjurkan karena dengan demikian ikan arwana selalu mempunyai nafsu makan.

Jadi itulah cara merawat ikan arwana setiap hari, dan ada satu lagi yang perlu diketahui adalah kesehatan ikan arwana  amatilah perilaku dan fisik ikan, jika ada perubahan dari sebelumnya seperti tidak nafsu makan,  berdiam diri atau pasif, ekor rusak, menggosok-gosokkan badan ke dasar akuarium, warna ikan  pudar dan lain lain. Itulah cara merawat ikan arwana semoga bermamfaat.

Wassalam..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s