Bencana Gempa Dan Thunami di Aceh

tusn

26 Desember 2004 kejadian yang tidak di sangka-sangka menimpa provinsi Aceh yaitu Gempa bumi tektonik berkekuatan 8,5 SR berpusat di Samudra India (2,9 LU dan 95,6 BT di kedalaman 20 km (di laut berjarak sekitar 149 km selatan kota Meulaboh, Nanggroe Aceh Darussalam). Dan Gempa itu disertai gelombang pasang (Tsunami) yang menyapu beberapa wilayah lepas pantai di Aceh.

Data jumlah korban tewas di propinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara menurut Departemen Sosial RI (11/1/2005) adalah 105.262 orang. Sedangkan menurut kantor berita Reuters, jumlah korban Tsunami diperkirakan sebanyak 168.183 jiwa dengan korban paling banyak diderita Indonesia, 115.229 (per Minggu 16/1/2005). Sedangkan total luka-luka sebanyak 124.057 orang, diperkirakan 100.000 diantaranya dialami rakyat Aceh dan Sumatera Utara. Itulah banyaknya jumlah orang terkena dampaknya Tsunami. Dan karena saya tinggal di Aceh, jadi saya merasakan gempanya menurut saya gempanya sangatlah kuat, apa lagi di titik pusatnnya gempa, saya tidak tau lagi mau berbuat apa. Tetapi tsunaminya tidak sampai ketempat saya, jadi hanya merasakan gempa nya doank.

1tsunaDan setelah gempa itu terjadi banyak korban tidak terhitung yang tergeletak dimana-mana. Dan tidak di sangka anak-anak banyak yang jadi yatim piatu dan ada juga yang kehilangan anaknya. Karena Tsunami orang-orang disitu tidak tau akan datang, sehingga tidak sempat menyelamatkan diri.  Dan ombak yang menerjang sangatlah cepat dan tinggi sekali tiba-tiba mengahampiri. Dan kapal laut kedarat dan mobil banyak yang terdapat kelaut, memang aneh.

itulah kisah suram 9 tahun silam yang terjadi di penghujung tahun 2004 silam. Namun, seiring waktu berjalan, segala perbaikan terus berjalan. Setidaknya, begitulah yang terbaca dan terdengar di media massa.  Itulah kejadian tsunami di Aceh, karena kejadian ini saya jadi takut ke Aceh terutama pantai Aceh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s