Cara berkebun kelapa sawit

sawit

Saya tinggal di aceh kota subulussalam, jadi kalo soal kelapa sawit sih lumayan udah banyak tahu karena di aceh perkebunan kelapa sawit cukup banyak. Jadi bagaimana sih cara berkebun kelapa sawit.

Berikut cara untuk berkebun kelapa sawit :

1. Syarat untuk pertumbuhan

  • Iklim

Jadi kalo sawit biasanya tumbuh didaerah-daerah panas contoh banyak kita ketahui khususnya di indonesia seperti daerah aceh, kalimantan, pekan baru.

Lama penyinaran matahari rata-rata 5-7 jam/hari. Curah hujan tahunan 1.500-4.000 mm. Temperatur optimal 24-280C. Ketinggian tempat yang ideal antara 1-500 m dpl. Kecepatan angin 5-6 km/jam untuk membantu proses penyerbukan.

  • Media tanam

Jadi kelapa sawit itu tumbuh di tanah yang subur,dan kelapa sawit tidak akan bagus tumbuh ditanah yang tergenang air contohnya seperti di rawa. tetapi kalo menanam sawit dirawa sangatlah bagus karena tanah di rawa banyak menyimpan air. Biasanya kalo menanam sawit dirawa harus membuat parit agar air yang tergenang itu bisa mengalir keparit sehingga kelapa sawitnya tidak tergenang air.

Tanah yang baik mengandung banyak lempung, beraerasi baik dan subur. Berdrainase baik, permukaan air tanah cukup dalam, solum cukup dalam (80 cm), pH tanah 4-6, dan tanah tidak berbatu. Tanah Latosol, Ultisol dan Aluvial, tanah gambut saprik, dataran pantai dan muara sungai dapat dijadikan perkebunan kelapa sawit.

2. Teknik untuk penanaman

  • penentuan pola TanamanPola tanam dapat monokultur ataupun tumpangsari. Tanaman penutup tanah  pada areal tanaman kelapa sawit sangat penting karena dapat memperbaiki sifat-sifat fisika, kimia dan biologi tanah, mencegah erosi, mempertahankan kelembaban tanah dan menekan pertumbuhan tanaman pengganggu (gulma). Penanaman tanaman kacang-kacangan sebaiknya dilaksanakan segera setelah persiapan lahan selesai.
  • Pembuatan Lubang TanamLubang tanam dibuat beberapa hari sebelum tanam dengan ukuran 50×40 cm sedalam 40 cm. Sisa galian tanah atas (20 cm) dipisahkan dari tanah bawah. Jaraknya 9x9x9 m. Areal berbukit, dibuat teras melingkari bukit dan lubang berjarak 1,5 m dari sisi lereng.
  • Pemupukan sawit

Biasanya pemupukan kelapa sawit dilakukan setiap 4 bulan sekali atau 3 bulan.

Buah Sawit Segar

Jadi itulah cara berkebun untuk kelapa sawit, semoga bermamfaat . sekian dan terima kasih.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s